√ Mengenal Bagian-Bagian Surat Pengalaman Kerja yang Baik

Konten [Tutup]
    Kompetisi di dunia kerja kian sengit saja. Terlebih pada era Industri 4.0 sebagaimana saat ini. Tak terhitung karyawan kantor yang mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK) karena tak menguasai bidang keahlian yang diperlukan saat ini.

    Bagian Surat Pengalaman Kerja

    Agar bisa meraih peluang terbaik, para korban PHK memang harus tahu banyak tentang surat pengalaman kerja yang baik.

    Surat tersebut nantinya akan dilampirkan saat melamar pekerjaan di perusahaan baru. Surat pengalaman kerja biasanya berfungsi sebagai bahan pertimbangan perusahaan baru ketika merekrut karyawan baru.

    Surat resmi ini akan mencantumkan kinerja pelamar saat bekerja sebelumnya. Surat pengalaman kerja adalah surat yang diberikan perusahaan atau instansi yang menjelaskan jika nama yang tertera di dalamnya pernah bekerja di perusahaan itu.

    Dokumen ini tentu bisa sebagai bukti meyakinkan ketika melamar pekerjaan di perusahaan baru.

    Lazimnya, surat pengalaman kerja dikeluarkan untuk pegawai dengan riwayat kerja yang baik serta sudah bekerja di perusahaan itu setidaknya setahun.

    Oleh karena itu surat pengalaman kerja adalah bukti penting bagi departemen sumber daya manusia jika pelamar memang punya riwayat kerja yang bagus di perusahaan lama.

    Surat yang satu ini akan membuktikan bahwa seseorang memiliki kinerja dan prestasi di perusahaan lama. Karier berikutnya dapat diketahui dari prestasi yang tercantum di surat ini.

    Kecuali itu, surat pengalaman kerja pun sebagai bagian dari persyaratan pengambilan dana BPJS Ketenagakerjaan atau ingin mendaftar program beasiswa, dan masih banyak lagi kegunaannya.

    Bagian Surat Pengalaman Kerja yang Baik & Benar

    Sebagaimana surat formal yang lain, surat pengalaman kerja juga harus memuat berbagai bagian pokok yang harus dicantumkan. Agar lebih memahami, di bawah ini dijelaskan bagian penting apa saja yang harus dicantumkan pada surat pengalaman kerja :

    Ada Kop Surat

    Sebagaimana surat resmi, surat pengalaman kerja pun harus memiliki kepala surat atau kop yang memuat nama perusahaan atau instansi, logo, alamat lengkap, email resmi, maupun nomor telepon.

    Bagian ini merupakan ciri khas dari perusahaan yang mengeluarkan surat ini. Biasanya kop surat ditempatkan di bagian paling atas.

    Nama Lengkap dan Nomor Induk Karyawan

    Pihak perusahaan yang mengeluarkan surat pengalaman kerja bagi mantan karyawannya harus memasukkan nama lengkap karyawan dan Nomor Induk Karyawan (NIK). NIK adalah deretan nomor khusus menjadi identitas resmi pegawai bersangkutan.

    Masa Kerja dan Jabatan

    Masa kerja karyawan yang tertera di dalam surat ini wajib dicantumkan dengan jelas dan detil termasuk juga jabatan yang pernah diduduki di perusahaan tersebut. Lebih baik lagi bila memasukkan hubungan struktural perusahaan dengan karyawan bersangkutan.

    Pencapaian Prestasi dan Keahlian

    Di bagian ini prestasi dan keterampilan yang diraih karyawan bersangkutan harus dicantumkan dengan detil.

    Stempel Perusahaan

    Surat pengalaman kerja yang distempel logo perusahaan menunjukkan jika dokumen ini bersifat resmi yang dikeluarkan perusahaan.

    Masih bingung bagaimana sebenarnya format surat pengalaman kerja? Berikut contoh surat pengalaman kerja sesuai profesi sebagai gambaran untuk perusahaan yang hendak mengeluarkan jenis surat yang satu ini.

    PT. Adi Daya Perkasa
    Jln. Dipati Ukur II No.13 Surabaya
    Telp : 031-4343167 Fax : 031 5353761

    SURAT PENGALAMAN KERJA
    Certificate Of Employment
    No.110/SPK-PT.ADP/IV/2020

    Hal : Surat Pengalaman Kerja

    Dengan surat ini kami dari PT. Adi Daya Perkasa menyatakan bahwa :

    Nama : Budi Karya Sudirman, ST
    Alamat : Jln. Ngagel No.10 Surabaya
    Jabatan : Marketing Manager

    Merupakan karyawan PT. Adi Daya Perkasa sejak 09 Mei 2010 – 28 April 2020. Saudara Budi Karya Sudirman, ST adalah karyawan yang baik, jujur dan telah banyak memberikan kontribusi kepada perusahaan. Sehubungan dengan hal tersebut, saat ini yang bersangkutan mengajukan pengunduran diri kepada perusahaan di atas.

    Kami selaku pihak perusahaan berterima kasih atas dedikasi dan loyalitas saudara Budi Karya Sudirman, ST selama bekerja di PT. Adi Daya Perkasa. Semoga beliau mendapatkan kesuksesan di perusahaan yang baru. Demikian surat ini dibuat agar digunakan dengan semestinya.

    Surabaya, 1 Mei 2020,

    Direktur PT. Adi Daya Perkasa


    Surat pengalaman kerja adalah berkas penting yang harus disertakan ketika seseorang melamar pekerjaan di perusahaan baru. Ini tentunya untuk mereka yang pernah bekerja di perusahaan lain.

    Tentu saja tak setiap perusahaan yang dilamar mengharuskan disertakannya surat ini. Akan tetapi akan menjadi poin plus tersendiri kalau pelamar melampirkannya. Langkah ini membuktikan jika pelamar memiliki bukti terpercaya terkait prestasi di perusahaan terdahulu.

    Kesimpulan

    Untuk membuat surat pengalaman kerja yang baik tentu perlu panduan untuk membuatnya secara lengkap dengan melengkapi bagain bagian penting dari sebuah surat.

    Sehingga ketika surat pengalaman kerja itu sudah jadi maka akan layak untuk diterima di berbagai perusahaan yang membutuhkanya.
    Blog-Eko27.Com Hanya Penikmat Kopi yang Tidur Larut Malam, salam Blog-Eko27.Com

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Baca Juga :

    Iklan Bawah Artikel