√ Contoh Recount Text Tentang Pengalaman Pribadi yang Baik

Konten [Tutup]
    contoh recount text
    Dalam bahasa inggris ada yang dinamakan recount text. Recount text adalah kalimat yang menceritakan peristiwa yang terjadi di waktu lalu. Mengingat kejadiannya di waktu lalu, untuk itu tenses yang dipakai harus past tense.

Contoh Recount Text yang Baik

Di sini dapat digunakan simple past tense, past continuous tense, past perfect, maupun past perfect continuous. Recount text biasanya terdiri dari tiga bagian meliputi orientation, event dan reorientation. Bila dalam bahasa Indonesia ketiganya adalah pengenalan, peristiwa dan kesimpulan.

Recount text lazimnya bertutur mengenai pengalaman pribadi penulisnya atau orang lain.

Contoh recount text tentang pengalaman pribadi berikut ini mungkin bisa lebih memahamkan kita tentang struktur kalimat ini :

Orientation Contoh Recount Text

1. "I spent my last summer holiday in Seoul, South Korea. I went there with my friends."

Artinya : (saya menghabiskan liburan musim panasku di Seoul Korea Selatan. Aku pergi ke sana dengan teman-temanku).

2. "Last Wednesday was a tiring day. I spent my time to do a lot of activities, that I had no time to take a rest."

Artinya :(Rabu kemarin adalah hari yang melelahkan. Aku memanfaatkan waktu dengan banyak aktifitas, sampai aku tak mampu beristirahat).

Events Contoh Recount Text

1. "On the first day, I was landed at Incheon Airport around 7 AM after a 6 hours long flight. Then I went to Seoul by train and checked in to the hotel I already booked. I decided to take a rest for a while. At night, I went to Hongdae, a famous district in South Korea. I went to eat traditional Korean food. On the next day, I went to the Gyeongbokgung Palace and National Museum. I also went to learn how to make Kimchi and see the scenery of Seoul from Seoul Tower. I went back to the hotel at 10 PM and immediately went to sleep."

Artinya : (Hari pertama, saya tiba di bandara Incheon kira-kira jam 7 pagi sesudah penerbangan panjang selama 6 jam. Selanjutnya saya ke Seoul menggunakan kereta dan check in di hotel yang telah saya pesan. Saya memutuskan beristirahat sejenak. Malamnya, saya pergi ke Hongdae, wilayah populer di Korea Selatan. Saya menyantap kuliner khas Korea. Keesokan harinya, saya berkunjung ke istana Gyeongbokgung dan Museum Nasional. Saya pun mempelajari cara membuat Kimchi dan melihat panorama Seoul dari Seoul Tower. Saya pulang ke hotel jam 10 malam dan segera istirahat).

2. "First, in the morning, I went cycling. After that I went to school to study until 3 pm. After school I went to sport hall to play badminton until 8 pm. I played too seriously that I felt really tired. After that, I went home. But when I wanted to sleep, I remembered there was some homeworks I had to do. I did my homeworks until 11 pm. And finally I could take a rest in my bed."

Artinya : (Pertama, pada pagi hari, aku bersepeda. Sesudah itu aku berangkat ke sekolah untuk belajar hingga jam 3 sore. Usai bersekolah, aku berangkat ke aula olahraga untuk bermain bulu tangkis hingga jam 8 malam. Aku bermain kelewat serius sampai merasa begitu capek. Sesudah itu aku pulang ke rumah. Saat aku hendak tidur, aku teringat ada PR yang mesti diselesaikan. Aku menyelesaikan PR sampai jam 11 malam. Sesudah itu akhirnya aku dapat tidur di bed).

Reorientation Contoh Recount Text

1. "I spent my last day in Myeongdong and bought some stuffs and souvenirs for my family and friends. I also ate the street food there. I went to the airport at 3 PM because my flight was at 5 PM. I had a fantastic experience in South Korea and made wonderful memory with my friends. It was a great trip."

Artinya : (Saya memanfaatkan hari terakhir saya di Myeongdong dan berbelanja beberapa barang dan oleh-oleh untuk keluarga dan teman-teman. Saya pun menyantap jajanan di sana. Saya pergi ke bandara jam 3 sore sebab penerbangan jam 5 sore. Saya memperoleh pengalaman menyenangkan di Korea Selatan dan kenangan berkesan bersama teman-teman. Berkunjung ke ke Korea Selatan adalah pengalaman yang benar-benar mengasyikkan).

2. "That’s why winning singing competition meant so much to me."

Artinya : (Itulah mengapa memenangkan lomba menyanyi benar-benar bermakna untukku).

Kesimpulan

Jadi untuk contoh di atas sudah kita berikan yang jelas dan benar ya untuk Recount Text yang tepat & juga benar menurut kita.