√ Cerita Pengalaman Jadi Barista yang Tak Terlupakan

Konten [Tutup]
    Saat ini bekerja sebagai Barista adalah hal yang unik dan sangat digemari, termasuk banyak pengalaman jadi Barista yang perlu kita ketahui sebab pasti ada hal unik dibalik pekerjaan mereka.

    Bekerja jadi barista di sebuah coffee shop tentunya sangat ideal untuk orang pecinta dan sangat suka dengan kopi, industri kuliner, atau untuk anak-anak muda yang menginginkan kerja sampingan yang modern.

    Bukan saja itu banyak hal menarik yang bisa kita ulik dari pekerjaan Barista ini, kita bahas saja dari sisi pengalaman mereka saja.

    Cara Menjadi Barista

    Menjadi barista itu merupakan pekerjaan yang dicari-cari oleh para mahasiswa atau oleh orang-orang yang mau berkecimpung di dalam dunia kuliner kopi atau semacam coffee shop atau cafe sebba mencari barista tanpa pengalaman kerja.

    Meskipun pengalaman kerja tidak diutamakan saat Anda tertarik untuk menjadi barista, tapi tidak ada salahnya untuk menimba pengalaman yang berkaitan dengan kopi dan industri kuliner agar Anda dapat bekerja di coffee shop berkelas.

    Selain itu juga ada hal unik dan menarik dari pengalaman para Barista yang sudah cukup berpengalaman.

    Pengalaman Jadi Barista Handal

    Pengalaman jadi Barista

    Banyak kok pengalaman unik dari para Barista ini yang perlu untuk kita ketahui, mulai dari sisi kepemimpinan dan sampai pada sisi lucu bahkan sampai bikin jengkel.

    Sehingga dari pengalaman para Barista ini kita bisa mengambil hikmah agar cofeeshop kita menjadi tempat kopi dengan ragam pengalaman yang baik untuk pemebeli.

    Pelanggan yang Kurang ajar

    Salah satu yang paling ane benci dan berharap untuk gak ketemu, pelanggan kek gini gak punya tata krama gan, mulai dari cara bicara yang gak sopan, mengganggu pengunjung lain, ngerendahin waiters.

    Nganggep dirinya raja deh pokoknya.

    Pernah ane ngalamin ada pengunjung yg kurang ajar banget, tiba tiba masuk ke cafe terus datang ke bar dan ngambil biji kopi langsung dr mesin giling sambil bilang apa apaan biji kopi kek gini kok di jual (mohon buat agan dan agan wati jangan jadi pelanggan kek gini hehe).

    Pelanggan Wifi Hunter

    Cafe jaman sekarang kek nya udah gak mungkin kalau gak ada wifi, sekelas warkop aja ada. Nah para wifi hunter ini biasanya ke Coffee shop untuk tujuan tujuan tertentu yang ada hubungan nya dengan dunia maya, mulai dari donlot film, mabar game, update game, nonton yutub.

    Spesies kayak gini terkadang ke coffee shop sering terlihat sendiri.

    Pelanggan Pelajar atau Mahasiswa

    Salah satu populasi yang cukup banyak menjadi pengunjung Coffee Shop, apalagi kalau kalau cafe nya terletak di daerah kampus dan komplek sekolah bisa bisa mereka sendiri yang menuhin tuh cafe.

    Biasanya pelajar atau mahasiswa ke coffee shop tujuan nya pengen nugas nyante atau maybe skripsian sekaligus ngumpul sama temen temen nya, kadang juga ada yang bareng sama pacar. Gak jarang mereka masih makek baju seragam.

    Kerja Seorang Barista yang Profesional

    Tentu untuk menjadi Barista yang Profesional akan perlu pengalaman yang cukup, namun tidak saja hanya itu karena pengalaman yang cukup juga akan seimbang dengan kemampua lain, yaitu :

    1. Belajar mengenai berbagai jenis kopi dan bijinya.
    2. Menciptakan campuran kopi yang berbeda serta menentukan karakter rasanya.
    3. Memberikan rekomendasi kepada pelanggan berdasarkan kesukaan mereka.
    4. Menggunakan peralatan untuk membuat kopi yang berkelas buat menyeduh kopi berkualitas yang tergambar dalam rasa serta aromanya.
    5. Menyiapkan berbagai jenis minuman berbahan dasar espresso, seperti latte, cappuccino, caffe machiato, dan lain sebagainya.
    6. Membuat latte art untuk pelanggan.

    Jadi apabila kamu sudah matang dan mantap untuk jadi Barista yang Profesional maka semua syarat di atas bisa kamu lakukan dengan biasa dan tanpa beban.

    Cara Menjadi Barista yang Sukses

    Kamu bisa saja mejadi Barista yang sukses, dalam artian luas sukses ini adalah mampu menjadi pengusaha coffeshop dengan omzet yang tinggi.

    Tapi kalau kamu jadi Barista yang Profesional tentu sukses seorang Barista bisa saja sebagai berikut :

    #Keterampilan Berkomunikasi dengan Orang

    Industri kuliner adalah industri yang serba cepat. Restoran membutuhkan orang yang bisa membuat pelanggan tersenyum di tengah padatnya jam kerja mereka.

    #Semangat untuk Belajar

    Orang yang memiliki kemauan untuk belajar sangat dicari karena para pemilik coffee shop bersedia mengajari para calon barista mereka.

    #Beradaptasi di Lingkungan Kerja yang Cepat

    Suasana di coffee shop bisa menjadi sangat sibuk dan seorang barista profesional harus mampu menangani stres dan bisa membuat berbagai macam pesanan minuman sekaligus.

    #Memiliki Mindset yang Fokus pada Detail

    Proses menyeduh kopi membutuhkan banyak langkah agar barista dapat menonjolkan cita rasanya. Saat ada kesalahan, itu akan mengacaukan rasa kopi secara drastis. Seorang barista profesional harus mampu memperhatikan setiap aspek untuk memastikan kualitas rasa dan konsistensinya.

    #Mampu Membangun Hubungan dengan Pelanggan

    Membangun hubungan dengan pelanggan sangatlah penting untuk seorang barista. Hafalkan nama-nama pelanggan tetap dan juga minuman kesukaannya agar mereka merasa dihargai dan membuat mereka mau kembali lagi ke restoran atau coffee shop kamu.

    Kesimpulan

    Kalau bisa eko27 simpulkan dari cara jadi barista sampai Barista yang sukses, semua itu tidak lepas dari dedikasi yang hebat dan lama serta dari berbagai pengalaman yang unik.

    Bahkan dari pengalaman jadi Barista ini, kita bisa lebih mengenal menjadi pengusaha kedai kopi dengan modal mengenal karakter pelanggan kopi agar coffeshop kita jadi lebih unik dan asyik.
    Blog-Eko27.Com Hanya Penikmat Kopi yang Tidur Larut Malam, salam Blog-Eko27.Com

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Baca Juga :

    Iklan Bawah Artikel