√ Poin Poin Penting Surat Pengalaman Kerja Terbaru

Untuk mereka yang pernah bekerja lalu hendak melamar di perusahaan baru, tentu tahu apa itu surat pengalaman kerja. Surat pengalaman kerja bisa dikatakan sebagai "surat sakti" yang berperan saat melamar pekerjaan di tempat baru.

poin penting surat pengalaman kerja

Surat pengalaman kerja memang tak dibuat sendiri oleh karyawan bersangkutan. Namun lembar ini dikeluarkan pihak perusahaan lama sebagai bentuk pengakuan atas kinerja karyawan bersangkutan selama ini.

Poin Penting Surat Pengalaman Kerja Lengkap

Surat pengalaman kerja menjadi semacam surat pernyataan terkait dengan usainya hubungan kerja antara karyawan dengan perusahaan. Lembar surat pengalaman kerja biasanya berisi informasi meliputi :

#Bidang tugas yang dikerjakan umpamanya jobdesc atau terkait pekerjaan karyawan yang bersangkutan.
#Berapa lama karyawan bersangkutan bekerja di perusahaan tersebut.
#Prestasi kerja termasuk perilaku, loyalitas ataupun integritas.
#Sebab karyawan itu mengundurkan diri dari perusahaan.

Dikarenakan sekarang sudah tak ditentukan dengan jelas, seharusnya surat pengalaman kerja telah ditentukan dari awal karyawan mulai bekerja. Dengan begitu saat ada PHK maka karyawan punya hak untuk mengajukan surat pengalaman kerja.

Surat pengalaman kerja tak sama dengan surat pemutusan hubungan kerja. Surat PHK harus dikeluarkan perusahaan yang mem-PHK karyawannya.

Bagian Penting Surat Pengalaman Kerja 2020

Surat pengalaman kerja dapat dimohonkan ke bagian yang mengurusi dalam hal ini bagian SDM atau HRD (Human Resource Development) yang lalu bagian sekretaris membuatkan untuk dimintakan tanda tangan direktur perusahaan atau yang memiliki kewenangan.

Mantan karyawan mesti memperolehnya menggunakan prosedur resmi yang akan membuat surat pengalaman kerja tersebut otentik dan berlaku sebagai salah satu syarat melamar pekerjaan di perusahaan lain.

Sebetulnya seorang karyawan tak usah bersusah-payah mempelajari format contoh surat pengalaman kerja. Karena yang mengeluarkan surat pengalaman kerja adalah pihak perusahaan.

Kendati begitu ada beberapa hal yang harus tertera dalam surat pengalaman kerja yang dikeluarkan perusahaan. Baca bagian penting apa saja yang harus ada dalam selembar surat pengalaman kerja sehingga otentik untuk dilampirkan saat melamar pekerjaan di kantor lain :

Data diri karyawan

Surat pengalaman kerja wajib mencantumkan data diri karyawan yaitu nama lengkap dan nomor induk karyawan. Di samping itu perusahaan pun bisa memasukkan data pelengkap selain itu.

Posisi karyawan

Kecuali itu harus pula tertulis jabatan terakhir di perusahaan dan berada di bagian mana. Poin tersebut pastinya penting sehingga saat melamar ke perusahaan lain karyawan tak usah mengawali karir dari bawah.

Masa kerja

Adalah lamanya karyawan bekerja pada perusahaan tersebut. Wajib dicantumkan tanggal pertama kali bekerja sampai tanggal mengundurkan diri. Di kemudian hari masa kerja biasanya akan dipertimbangkan pihak HRD perusahaan baru dalam membuat penilaian loyalitas karyawan bersangkutan.

Tanda tangan

Merupakan salah satu surat resmi dengan banyak Fungsi, pastinya dalam surat pengalaman kerja wajib tertera tanda tangan direktur atau pihak berwenang perusahaan. Umumnya surat pengalaman kerja disahkan direktur HRD menurut jabatan terakhir karyawan.

Berikut salah satu contoh format surat pengalaman kerja yang dikeluarkan perusahaan :

PT Astra Honda Motor
Jln. Laksda Yos Sudarso Sunter 1
Jakarta 14360 Indonesia
Telp : 62 - 21 - 4061 8090
Fax : 62 - 21 - 4052 1883

SURAT KETERANGAN
No: AHM/0092/11/2019

Yang bertanda tangan di bawah ini menerangkan bahwa :

Nama : Musafak Al Hamdu
NRP : 30432

Adalah benar karyawan Astra Honda Motor yang bekerja di perusahaan kami sejak tanggal 01 Juli 2010 sampai dengan tanggal 31 Desember 2019 sebagai karyawan kontrak, pada bagian P3 Local Part 1 Section.

Terhitung mulai tanggal 01 Januari 2020 yang bersangkutan tidak bekerja lagi di tempat kami karena telah selesai masa kontrak.

Demikian surat ini dibuat agar dapat digunakan dengan semestinya.

Jakarta, 1 Januari 2020



PT Astra Honda Motor


Bambang Garuda
Human Resources Division Head

Penutup

Kalau untuk membuat surat pengalaman kerja tentu saja bagian penting sangatlah perlu di perhatikan, jadi poin-poin diatas haruslha di buat agar surat pengalaman kerja menjadi lengkap.
Blog-Eko27.Com Hanya Penikmat Kopi yang Tidur Larut Malam, salam Blog-Eko27.Com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel