Langsung ke konten utama

√ Cara Redirect 301 di Blogspot yang TEPAT & BENAR

Baca Juga

2020 Blogspot atau biasa kita kenal Blogger.Com merupakan layanan untuk membuat blog secara gratis yang dapat digunakan oleh siapapun. Blogspot (Bloger.Com) berada dibawah tanggung jawab google.com yang tentunya dalam menggunakan fasilitas ini pengguna harus mematuhi persayaratan telah google buat. Dalam menggunakan blogspot tidak ada batasan untuk pengguna dalam hal bandwidth, jumlah maksimal trafik atau jumlah posting (artikel).

Namun kika saat ini anda memiliki domain & hosting sendiri, sehingga anda harus meninggalkan blogspot maka cara agar trafik tidak hilang bisa dengan mengalihkan URL (alaamat web) ke domain baru yang digunakan akan digunakan. Untuk melakukan redirect sendiri caranya cukup mudah.

Namun apa itu REDIRECT ? Blog-eko27.Com akan jelaskan apa itu redirect, agar kita semua faham tentang redirect.

Redirect Adalah

Cara Redirect 301 di Blogspot

Kita akan mulai dengan pengertian dari Redirect itu apa ? Redirect atau URL redirection lainya juga bisa disebut URL forwarding adalah salah satu teknik dunia Web untuk membuat halaman web tersedia di bawah lebih dari satu alamat URL.

Ketika browser web mencoba untuk membuka URL yang telah dialihkan, halaman dengan URL yang berbeda dibuka, itu pengerian dari wikipedia.

Mudahnya itu seperti ini, Redirect adalah pengalihan sebuah halaman pada website online.

Jika kita tarik garis panjang ini adalah teknik yang memang sangat beresiko jika salah melakukannya, ya tujuan utamanya sih ya mengarahkan pengunjung untuk mengunjungu halaman yang baru & lebih baik.

Hal ini biasanya dilakukan pada sebuah website yang pada halamannya mengalami 404 Not Found. Secara sederhana Pengalihan Khusus dapat diartikan mengalihkan alamat/url posting dari satu halaman/artikel ke artikel lain.

Alasan utamanya biasanya karena suatu post telah dihapus sehingga harus dialihkan ke post baru agar tidak menimbulkan Broken Link atau 404 Not Found atau halaman kosong yang mana bila terdapat banyak broken link akibat dari halaman kosong tersebut akan berdampak kurang baik pada Blog.

Misalnya saja post yang telah dihapus tersebut memiliki banyak pengunjung dan pengunjung tersebut hanya mendapati halaman kosong maka harus dialihkan ke halaman lain yang berisi konten agar pengunjung tidak kecewa dan juga agar tidak kehilangan pengunjung.

Cara Redirect di Blogspot yang Benar

  1. Silakan masuk ke Blogger.
  2. Pilih Blog yang ingin dialihkan url postingnya tersebut.
  3. Pada bagian sebelah kiri silakan pilih "Setelan".
  4. Lalu pilih "Preferensi penelusuran" dan akan muncul halaman preferensi penelusuran.
  5.  Lalu pilih "Pengalihan Khusus" dan klik "edit" maka akan muncul kotak isian pengalihan khusus, klik tombol "pengalihan baru" dan ikuti contoh pengisian sebagai berikut.
  6. - Dari: di isi dengan alamat/url artikel yang sudah di hapus atau url lama yang ingin dialihkan. Contoh: /2015/01/cara-membuat-pengalihan-khusus-di-blogger.html
  7. - Kepada: di isi dengan url post tujuan atau target pengalihan dan bisa juga di arahkan ke halaman utama blog dengan cara mengisi kotak dengan garis miring saja. Contoh: /.
  8. - Permanen: silakan di centang jika akan mengalihkan permanen, lalu klik "simpan"
  9. * Pada dasarnya pengisian kotak "Dari" dan "Kepada" Format url-nya tidak boleh menyertakan https:// atau domain dan tidak lebih dari 250 karakter.
  10. Dan terakhir klik "Simpan Perubahan".
Silakan ulangi langkah2 diatas bila ingin mengalihkan lebih dari satu Post/Artikel/Halaman.

Tips Redirect Blogspot yang Tepat



Kesimpulan

Jadi hasil redirect ini adalah bisa banyak pengaruhnya, baik dari posisi