√ Wajib Faham Inilah Perbedaan TOEFL dan TOEIC yang BENAR

Konten [Tutup]
    √ Perbedaan Antara TOEFL dan TOEIC - Anda mungkin pernah mendengar tentang beberapa jenis tes kecakapan bahasa Inggris, seperti TOEFL, dan TOEIC. Dimana hal ini merupakan tes bahasa Inggris yang umum digunakan di Indonesia. Setiap TOEFL dan TOEIC memiliki standar tes dan kegunaan yang berbeda.

    Meskipun memiliki kegunaan yang berbeda, dari kedua hal tersebut memiliki fungsi untuk menilai kemampuan bahasa Inggris seseorang, akan tetapi perbedaan TOEFL dan TOEIC memiliki tujuan dan minat yang berbeda.

    Biasanya TOEFL digunakan untuk Anda yang ingin melanjutkan pendidikan ke luar negeri.

    Sedangkan TOEIC lebih ditujukan untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris di lingkungan kerja. Jadi jika Anda ingin melanjutkan pendidikan dan beasiswa, maka disarankan untuk mengikuti tes TOEFL.



    Namun jika yang Anda butuhkan adalah untuk bekerja, maka disarankan untuk mengikuti tes TOEFL. Berikut adalah perbedaan antara TOEFL dan TOEIC serta penggunaannya, meliputi :

    Pengertian TOEFL Adalah

    Tes kecakapan berbahasa Inggris yang paling dikenal masyarakat adalah TOEFL. Dimana Tes Bahasa Inggris (TOEFL) biasanya digunakan sebagai persyaratan wajib untuk masuk atau lulus di universitas. 

    Sementara di Indonesia, TOEFL dengan nilai tertentu merupakan salah satu syarat untuk lulus atau melanjutkan jenjang magister dan doktoral. Selain akademisi, skor TOEFL tertentu juga dapat digunakan untuk melamar pekerjaan.

    Oleh karena itu, dari beberapa instansi pemerintah dan swasta mewajibkan peserta memiliki skor TOEFL tertentu saat melamar pekerjaan. Selain itu, TOEFL juga memiliki tiga macam bentuk ujian, yaitu iBT (Tes Berbasis Internet), CBT (Tes Berbasis Komputer), dan PBT (Tes Berbasis Kertas).

    Di iBT, Anda akan menghadapi tes kemampuan bahasa Inggris yang meliputi membaca, mendengarkan, berbicara, dan menulis dengan total skor 120 poin. Sementara di Indonesia tidak semua lembaga penyelenggara TOEFL bisa menyajikan tes iBT dalam bentuk ini.

    Pengeritian TOEIC Adalah

    TOEIC adalah hal yang nerneda dengan TOEFL, dimana TOEIC ini lebih familiar digunakan dalam pekerjaan profesional.

    Sementara Tes TOEIC ini akan mengukur kemampuan karyawan dan memecahnya ke level tertentu. Selain itu, TOEIC lebih fokus pada pemahaman bisnis sehingga cocok untuk pekerja.

    Apa Perbedaan TOEFL dan TOEIC ?

    Sementara CBT adalah hal yang berbeda dengan iBT, dimmana jika Anda mengambil formulir CBT, maka Anda akan menguji kemampuan bahasa Inggris Anda langsung di komputer.

    Materi yang tidak jauh berbeda untuk materi ujian CBT meliputi menyimak, membaca, terstruktur dan menulis dengan nilai total 300. Sedangkan yang terakhir adalah formulir PBT, dimana PBT ini memiliki bentuk seperti kertas.

    Sementara materi pada PBT ini terdiri dari menyimak, ekspresi terstruktur dan tertulis, pemahaman bacaan, dan menulis dengan total skor 667 poin.

    Oleh karena itu, perlu Anda ketahui bahwa sebenarnya TOEFL tersebut tidak memiliki standar internasional, sehingga setiap lembaga penyelenggara TOEFL memiliki standarnya masing-masing.

    Jadi, saat ingin ujian TOEFL, maka pastikan terlebih dahulu, bahwa ujiannya ada di lembaga penyelenggara yang memiliki kredibilitas baik dan diakui banyak pihak.

    Jangan pernah mengikuti ujian di tempat yang kredibilitasnya masih tanda tanya untuk mendapatkan nilai tinggi, karena jika ijazah TOEFL Anda tidak diakui maka akan sama.

    Namun, beberapa perusahaan asing menggunakan tes ini untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris karyawan dan calon karyawannya.

    Demikian yang dapat kami jelaskan mengenai perbedaan toefl dan toeic, semoga artikel ini bisa berguna dan bermanfaat.

    Blog-Eko27.Com Hanya Penikmat Kopi yang Tidur Larut Malam, salam Blog-Eko27.Com

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Baca Juga :

    Iklan Bawah Artikel