√ Perbedaan Zakat dan Waqaf yang WAJIB TAHU

Konten [Tutup]
    Perbedaan Antara Zakat dan Waqaf - Dalam islam, kita sering mendengar istilah Zakat dan Wakaf. Dimana, zakat dan wakaf adalah merupakan salah satu kewajiban yang harus dilakukan oleh umat islam.

    Apakah kita sudah mengetahui apa itu zakat dan wakaf ? Apa sih perbedaan zakat dan wakaf ? Jika anda belum mengetahui hal tersebut, maka anda dapat membaca dan memahami isi pada artikel ini.



    Inilah Perbedaan Zakat dan Waqaf

    Adapun penjelasan dan perbedaan Zakat dan Wakaf, sebagai berikut :

    Pengertian Zakat

    Zakat adalah sedekah wajib, dan sedekah diambil. Dimana Zakat ini bukanlah kemurahan hati, namun zakat ini merupakan salah satu kewajiban bagi seseorang yang memenuhi kriteria.

    Oleh karena itu, zakat dapat dilakukan dengan pengambilan tertentu dari kekayaan tertentu, menurut sifat tertentu, dan diberikan kepada kelompok tertentu.

    Oleh karena itu, Zakat adalah salah satu rukun Islam di antara empat rukun. Adapun seseorang yang berhak menerima zakat, sebagai berikut :
    1. Fakir (orang yang tidak punya harta)
    2. Miskin (orang yang penghasilannya tidak mencukupi)
    3. Riqab (budak atau budak)
    4. Gharim (orang yang memiliki banyak hutang)
    5. Mualaf (baru masuk Islam)
    Jadi jangan sampai anda salah ya, bahwa Zakat itu wajib.

    Jenis Zakat

    Zakat terbagi menjadi dua jenis, yaitu zakat nafs (jiwa) atau yang biasa disebut zakat fitri (zakat fitrah) dan zakat maal (harta benda). 

    Zakat Fitrah

    Zakat fitrah adalah zakat yang wajib dikeluarkan oleh setiap muslim kaya atau miskin, laki-laki atau perempuan, dewasa atau anak-anak, bahkan bayi yang baru lahir, sebelum memasuki Idul Fitri, atau tepatnya sebelum Sholat Idul Fitri. 

    Zakat Maal (Harta)

    Zakat mall adalah segala macam benda yang berupa harta yang dapat dimiliki dan digunakan atau dimanfaatkan sesuai dengan adatnya.

    Artinya segala sesuatu yang baru dapat dikatakan kekayaan jika dapat dimiliki, dikumpulkan, dikuasai, disimpan dan digunakan, seperti rumah, pabrik, mobil, uang, emas dan perak, hasil perkebunan, hasil ternak, hasil pertanian, hasil tambang dan lain sebagainya orang lain. 
      

    Apakah Perbedaan Antara Zakat dan Waqaf?


    Pengertian WAKAF

    Wakaf adalah sedekah dalam bentuk harta, dimana wakaf ini dapat berupa uang, tanah, rumah, gedung, rumah sakit, hotel, masjid dan bangunan produktif lainnya.

    Wakaf sendiri berarti memegang wujud pokok dan menjadikannya fi sabilillah sebagai bentuk qurbah. Sementara aset wakaf harus dikembangkan secara syariah sehingga bisa menghasilkan keuntungan.

    Dimana, hasil pengembangan wakaf digunakan untuk kemaslahatan umat melalui berbagai program sosial.

     

    Jenis-jenis Wakaf

    Wakaf Berdasarkan Alokasim dimana dalam hal ini ada 2 wakaf yang harus diketahui yaitu ahli wakaf dan khairi. Selain itu, wakaf juga memiliki tujuan untuk kepentingan dan jaminan sosial kerabat dan keluarganya sendiri.

    Wakaf Berdasarkan Penggunaan Aset yang Disumbangkan.

    Berdasarkan penggunaan harta wakaf, wakaf dikelompokkan menjadi 2 jenis, yaitu ubasyir atau dzati dan mistik.

    Selain itu, Ubasyir merupakan aset wakaf yang memiliki manfaat untuk pengabdian masyarakat dan dapat digunakan langsung seperti madrasah dan rumah sakit.

    Sedangkan misitsmary adalah wakaf yang diperuntukkan bagi investasi dalam produksi barang dan hasilnya direpresentasikan sesuai dengan keinginan wakaf.


    Wakaf Berdasarkan Jenis Aset

    Wakaf menurut jenisnya dibedakan menjadi beberapa kelompok yaitu benda tidak bergerak, benda bergerak selain uang, dan benda bergerak yang berupa uang, benda tidak bergerak.
    1. Bangunan atau bagian gedung
    2. Tanaman dan benda yang berhubungan dengan tanah
    3. Benda bergerak selain uang
    4. Air dan bahan bakar minyak

    Itulah beberapa pembahasan tentang zakat dan wakaf jadi bisa anda simpulkan bahwa inilah perbedaan zakat dan wakaf, semoga bermanfaat. 

    Blog-Eko27.Com Hanya Penikmat Kopi yang Tidur Larut Malam, salam Blog-Eko27.Com

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Baca Juga :

    Iklan Bawah Artikel