Cara Mendapatkan Kuota Data Gratis Belajar Online dari Pemerintah

Konten [Tutup]

    √ Buat memudahkan akses pendidikan jarak jauh (PJJ) ataupun belajar online, Direktorat Jenderal Pembelajaran Besar (Ditjen Dikti) Departemen Pembelajaran serta Kebudayaan (Kemendikbud) berkolaborasi dengan operator seluler.

    Bersumber pada data yang diterima detikINET lewat penjelasan tertulisnya, terdapat 3 operator seluler, ialah XL Axiata, Indosat Ooredoo, serta jaringan 3 Indonesia (Tri) yang bekerjasama dengan Kemendikbud buat memperkenalkan kuota data gratis belajar online dari pemerintah buat pelajar serta mahasiswa.

    Kuota Data Gratis Belajar Online dari Pemerintah

    Sedangkan itu, Telkomsel telah melaksanakan kerjasama dengan Kemendikbud terpaut kuota data  murah buat menolong pelajar serta mahasiswa hendak pendidikan jarak jauh sepanjang pandemi COVID-19.

    Telkomsel

    Berbeda dengan XL, Tri, ataupun Indosat soal pendidikan jarak jauh, Telkomsel pada pertengahan Juli kemudian berkolaborasi dengan Kemendikbud dengan memperkenalkan paket kuota internet 50 GB dengan harga murah mulai Rp 40 ribu.

    Buat mengaktivasi paket ini, dapat melalui aplikasi MyTelkomsel ataupun mengetik di smartphone Anda *168#.

    Tidak seluruh orang dapat mengaktivasi paket data satu ini secara langsung. Karena, Telkomsel hendak memilah terlebih dulu dengan memandang catatan no yang telah terdaftar di whitelist.

    Dalam mengalami pandemi COVID-19, Telkomsel memperkenalkan paket data murah yang dikhususkan buat golongan mahasiswa.

    Paket spesial ini pula dialamatkan untuk buat dosen, tenaga pendidik, serta karyawan akademi besar.

    Untuk pengurus akademi besar yang mau memperoleh khasiat dari program Dorongan Kuota Terjangkau ini buat para mahasiswa, dosen, tenaga pendidik, serta karyawan yang terletak di lingkungannya, bisa mengakses data lebih lanjut serta mengajukan registrasi lewat halaman ini https://tsel.me/TselEdu.

    Sehabis terdaftar, baru dapat menjajaki panduan metode aktivasi paket data murah Telkomsel tersebut.

    Kerja sama dengan Kemendikbud serta Telkomsel ini berlangsung semenjak 17 Juli 2020 sampai 31 Agustus 2020.

    Ditargetkan program ini dapat menjangkau dekat 4.760 akademi besar di bermacam wilayah di Indonesia.

    Di luar itu, Telkomsel pula menawarkan Kuota Belajar 10 GB Rp 10.

    Paket murah ini buat mengakses ilmupedia serta Conference semacam Rumah Belajar, Zenius, Quipper, Udemy, Duolingo, Sekolahmu, Cakap, Bahaso, Cambridge, AyoBlajar, Zoom, CloudX, UMeetMe, Microsoft Teams, Cisco Webex, Google Meet, Google Classroom serta ratusan e-learning kampus ataupun sekolah.

    Paket Kuota Belajar ini dapat dinikmati mulai bertepatan pada 21 Agustus-31 Desember 2020.

    Paket Kuota Belajar bisa diakses pengguna Telkomsel buat belajar online lewat aplikasi MyTelkomsel ataupun UMB*363*844#.

    "Saat ini Telkomsel kembali memperluas cakupan keunggulan paket dengan mencampurkan kemanfaatan kedua paket tersebut, lewat kedatangan paket Kuota Belajar," kata Vice President Prepaid Consumer Telkomsel Adhi Putranto.

    XL Axiata

    Untuk pelanggan XL, program kuota data gratis pendidikan jarak jauh buat pelajar serta mahasiswa ini spesial pengguna kartu Axis, yang di mana mereka memperoleh paket data gratis sebesar 30 GB.

    Kuota data gratis pelanggan XL tersebut dipecah ke dalam 2 paket, ialah 15 GB buat kuota conference yang dapat dipakai mengakses aplikasi belajar online, semacam Microsoft Teams, Zoom, Google Meet, Google Hangout, dan Google Classroom.

    Sedangkan, sisa 15 GB lagi yang ialah Kuota Bimbingan diperuntukkan mengakses aplikasi-aplikasi yang sediakan bahan pendukung pelajaran, misalnya Udemy, Ruangguru, Zenius, serta Sekolahmu.

    Kuota ini pula dapat dipergunakan buat memperoleh modul belajar yang disediakan Rumah Belajar Kemendikbud di web belajar.kemendikbud.go.id serta Spada Indonesia Kemendikbud di spada. kemdikbud.go.id ataupun lmsspada.kemdikbud.go.id.

    Di samping itu, selaku bonus, paket internet buat pelajar ini dilengkapi dengan bonus kuota permainan 1 GB per hari, 6 GB kuota chat serta m-payment buat aplikasi WhatsApp, Line, Ovo, Gojek, serta Grab, 12.000 menit telepon ke seluruh operator no Axis serta XL, sampai 4 GB bonus sureprize yang wajib ditukarkan di aplikasi Axisnet.

    Jaringan 3 Indonesia (Tri)

    Sejalan dengan program Kemendikbud dalam menunjang pendidikan jarak jauh, Tri pula sediakan kuota data total 30 GB yang gratis buat siswa, guru, mahasiswa, serta dosen.

    Kuota data gratis ini dapat dinikmati pelanggan baru ataupun lama.

    Tri menarangkan kuota data gratis 30 GB ini terdiri dari kuota 10 GB buat mengakses seluruh aplikasi, sebaliknya 20 GB ialah kuota pelajar yang selaku penunjang dikala mendatangi aplikasi dari Ruangguru, Edmodo, Zenius, serta Google Classroom dalam 24 jam sepanjang 30 hari.

    Ada pula kuota data gratis Tri tersebut hendak diberikan pada bulan awal.

    Sedangkan buat bulan ke-2 hingga ke-3 terdapat cashback sebesar 20% tiap isi ulang pulsa sepanjang periode September-Desember 2020 ataupun cocok dengan periode pengadaan dorongan kuota internet dari Kemendikbud.

    Buat memperoleh paket internet ini, pelanggan cuma butuh mengaktifkan serta mendaftarkan kartu Tri saat sebelum bertepatan pada 31 Agustus 2020 lewat pendataan di sekolah maupun universitas.

    Kuota 30 GB dari Tri hendak diberikan dikala dorongan kuota internet dari Kemendikbud sudah diaktifkan.

    Indosat Ooredoo

    Buat menunjang pendidikan jarak jauh ini, Indosat Ooredoo juga bekerjasama dengan Kemendikbud.

    Tidak hanya itu, operator yang identik warna kuning merah tersebut pula berkolaborasi dengan Departemen Agama serta Asosiasi Akademi Besar Swasta buat memudahkan warga melaksanakan belajar online.

    Indosat menarangkan semenjak dini pandemi, grupnya berinisiatif membagikan program yang menolong proses pembelajaran dari jarak jauh ini, antara lain program kenaikan bandwidth sebesar 20% diberikan kepada 56 universitas, dan membuka akses ke lebih dari 200 universitas ternama di Indonesia.

    Sedangkan buat pelajar, Indosat mengatakan sediakan kuota data gratis buat 15.609 siswa dari tingkatan SD serta SMP di kota Mojokerto, Jawa Timur.

    Ada pula Indosat merespon pendidikan jarak jauh dikala ini dengan sediakan layanan-layanan telekomunikasi, semacam paket IMClass yang dapat dimanfaatkan pelajar sebesar 30 GB buat kebutuhan belajar online dengan mengakses, Ruangguru, Quipper, Sekolahmu, Rumah Belajar. IMClass pula membagikan leluasa akses ke lebih dari 300 platform e-Learning serta web formal dari universitas-universitas di Tanah Air.

    Tidak hanya itu, Indosat juga sediakan paket Pro Freedom Apps buat partisipasi dalam kelas online tanpa dipungut kuota alias gratis dikala pelanggan mengakses Cisco Webex, Zoom, serta Microsoft Teams.

    Tetapi sayangnya, Indosat tidak menarangkan besaran kuota data yang digratiskan buat pelanggannya buat belajar online.

    "Indosat Ooredoo berkomitmen buat terus menunjang program PJJ ini, tidak cuma sediakan layanan Internet serta Paket data yang terjangkau, namun pula hendak membangun ekositem pendidikan daring yang efisien paling utama pada masa pandemik dikala ini.

    Kami hendak terus menunjang percepatan digitalisasi di bermacam zona berarti, tercantum zona pembelajaran," ungkap Chief Business Officer Indosat Ooredoo, Bayu Hanantasena.

    Ketentuan & Syarat Mendapatkan Kuota Internet Gratis

    Kuota Internet Gratis Pemerintah Cair Maret 2021

    Buat syarat mendapatkan kuota internet gratis bulan Maret, April dan Mei 2021 dari kemendikbud memanglah belum diterbitkan karena dapat jadi masih dalam rancangan.

    Namun, mengaca pada periode sebelumnya berikut ini syarat-syaratnya:

    1. Wajib memiliki nomor ponsel aktif
    2. Serahkan nomor ponsel aktif kepada pihak Sekolah/ Operator pendidikan di sekolah masing-masing
    3. Sehabis nomor ponsel calon penerima dorongan kuota terkumpul, selanjutnya pihak sekolah hendak mendaftarkan data nomor ponsel tersebut ke aplikasi Dapodik.
    4. Sehabis memenuhi syarat-syarat yang telah ditetapkan tersebut, silahkan tunggu dorongan kuota internet gratis dari Kemndikbud dikirim ke nomor yang didaftarkan.

    Kuota Internet gratis Pemerintah Untuk Siapa ?

    Di tahun 2021 ini pemerintah kembali melaksanakan program ini serta Kemendikbud hendak membetulkan terpaut sistem pembagian kuota internet gratis .

    Kuota Internet Gratis Pemerintah Cair Maret 2021

    Program pulsa serta kuota internet gratis dari kemendikbud ini rencananya hendak diawali kembali pada dini bulan Maret 2021 ini yang dapat digunakan oleh para pelajar dalam menjajaki pendidikan jarak jauh (PPJ) ataupun daring.

    Menteri Pembelajaran serta Kembudayaan, Nadiem Makarim mengatakan kalau dorongan kuota internet gratis buat seluruh operator (Telkomsel, Indosat, 3, Axis, XL Axiata, Smartfren) hendak kembali dilaksanakan mulai bulan Maret, April serta Mei 2021.

    Semacam dikenal kalau program ini terdiri dari 2 berbagai, ialah kuota universal yang dapat digunakan buat seluruh aplikasi/ layanan serta kuota belajar yang nantinya cuma dapat digunakan buat mengakses aplikasi belajar yang telah ditunjuk.

    Ada pula besaran pembagian kuota internet gratis bulan Maret, April serta Mei 2021 ini diprediksi hendak senantiasa sama semacam tahun tadinya ialah:

    • Buat partisipan didik jenjang PAUD, besaran kuota internet yang diberian 20 GB per bulan, dengan rincian 5 GB kuota universal, 15 GB kuota belajar. Durasi dorongan dicoba sepanjang 4 bulan
    • Partisipan didik jenjang Pembelajaran Dasar serta Menengah (SD, SMP serta SMA) sebesar 35 GB per bulan.
    • Dengan rincian 5 GB kuota universal, 30 GB kuota belajar serta durasi dorongan sepanjang 4 bulan.
    • Pendidik jenjang PAUD serta Pembelajaran Dasar serta Menengah memperoleh kuota internet sebesar 42 GB per bulan.
    • Dengan rincian 5 GB kuota universal, 37 GB kuota belajar dengan durasi dorongan 4 bulan.
    • Dosen serta mahasiwa, dorongan kuota internet sebesar 50 GB per bulan dengan rincian 5 GB kuota universal, 45 GB kuota belajar serta durasi dorongan dicoba sepanjang 4 bulan.

    Akhir Kata

    Buat dorongan kuota ini mudah-mudahan dapat cocok sasaran serta pula dapat di manfaatkan dengan optimal. Supaya kita seluruh dapat belajar dengan baik serta pula aman.

    Mudah-mudahan Berguna. 

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel