Langsung ke konten utama

5 Cara Cek Saldo E-Money di HP & iPhone Tanpa Ribet

Baca Juga

cek saldo e money di hp
Sumber Gambar: reviewsteknologiku.tech
(Cara cek saldo E-Money di hp)


Cara cek saldo E-Money di hp Android dan iPhone begitu mudah untuk dilakukan. Banyak opsi-opsi yang bisa dipilih dengan beragam penawaran harga dari yang termurah sampai termahal.

 

Penggunaan E-Money di era teknologi yang begitu berkembang pesat ini menjadi terobosan, terutama untuk melakukan transaksi elektronik. Banyak hal yang bisa dilakukan dengan penggunaan E-Money ini, seperti untuk membayar parkir, tol, transportasi umum dan lain-lain.

 

Ketika kalian ingin liburan ke luar daerah, jangan sampai menggunakan uang tunai di gerbang tol, ayo segera gunakan E-Money. Jika E-Money kalian tidak memiliki saldo yang cukup untuk membayar transaksi, segera isi dan cek saldo dari sekarang.

 

Bagaimana cara cek saldo E-Money di hp Android dan iPhone? Review Tech memberikan 5 rekomendasi untuk cek saldo E-Money, mulai dari menggunakan NFC, Indomaret Card, Mandiri Online, Shopee dan Tokopedia. Untuk lebih jelas, mari simak penjelasan lengkapnya.

 

 

 

Apa Itu E-Money?

E-Money adalah uang elektronik yang digunakan sebagai kegiatan transaksi elektronik. E-Money ini berbentuk sebuah kartu yang memiliki chip, sehingga kita bisa melakukan transaksi digital.

 

Perlu diketahui juga bahwa, uang yang ada di E-Money tersebut disimpan pada sistem perbankan. Di Indonesia, ada beberapa bank yang telah mengelola E-Money ini, seperti :

1.  Bank Mandiri : E-Money

2.  Bank BNI : TapCash

3.  Bank BRI : Brizzi

4.  Bank BCA : Flazz, dan lain-lain.

 

Ketika kalian ingin menggunakan E-Money, perlu mengetahui bahwa nominal uang yang kalian punya tidak bisa diuangkan ke tunai. Berbeda jika kalian menggunakan E-Wallet seperti OVO, Link Aja, GoPay, DANA yang bisa diuangkan atau tunai. Khusus di E-Money, kalian tidak bisa, karena pada dasarnya digunakan hanya untuk melakukan transaksi elektronik saja.

 

Apa Fungsi E-Money?

Seiring perkembangan zaman yang semakin dinamis ini, berbagai inovasi teknologi semakin mempermudahkan aktivitas masyarakat, salah satunya adalah E-Money ini. Fungsi dari E-Money ini adalah untuk melakukan pembayaran transaksi elektronik.

 

Contohnya, jika kalian memiliki E-Money ini bisa digunakan untuk membayar parkir, gerbang tol, transportasi umum, dan masih banyak lagi kegunaan dari E-Money ini. Tapi, perlu diperhatikan lagi bahwa sistem ini hanya digunakan jika ditempat tersebut menggunakan E-Money sebagai transaksi.

 

 

 

Berapa Harga E-Money?

Pembelian kartu dan saldo E-Money bisa dilakukan di berbagai tempat, misalnya di Alfamart, Indomaret, Tokopedia, Shopee, serta beberapa market place lainnya. Untuk harga yang ditawarkan, mungkin agak berbeda selisihnya dengan penjual E-Money tersebut. Untuk lebih lengkap, berikut merupakan daftar harga kartu E-Money yang bisa dipilih.

 

1.  Harga E-Money di Alfamart:

-     Harga Brizzi E-Money Alfamart E-Toll Kereta : Rp.25.000

-     Harga Alfamart Brizzi BRI E-Money (kosongan) : Rp.35.000

-     Harga E-Money edisi Alfamart Spesial : Rp.21.000

-     Harga E-Money Alfamart Brizzi Ponta : Rp.28.500.

 

2.  Harga E-Money di Indomaret

-     Harga kartu Indomaret Card E-Toll Card, E-Money Mandiri saldo 0 : Rp.36.500

-     Harga mandiri E-Money Indomaret Card saldo 50K : Rp.105.000

-     Harga E-Money Indomaret Card saldo 200K : Rp.300.000

-     Kartu Indomaret E-Toll/E-Money Card saldo 50K : Rp.85.000

-     Mandiri Indomaret E-Money saldo 2 juta : Rp.2.250.000

 

3.  Harga E-Money di Tokopedia

-     Tokopedia kartu E-Money Eksklusif Tokopedia Edisi Liburan saldo 0 : Rp.126.000

-     Kartu E-Money edisi Tokopedia & Gojek : Rp.55.000

-     Tokopedia kartu E-Money Mandiri Eksklusif : Rp.101.000

-     Kartu E-Money ekslusif Tokopedia edisi Valentine : Rp.138.000

-     Kartu E-Money eksklusif Tokopedia edisi Kemerdekaan : Rp135.000

 

4.  Harga E-Money di Shopee

-     Harga E-Money Saldo 0 edisi bangga buatan Indonesia : 28-45K

-     Harga E-Monet TapCash : Rp.25.000

-     Harga Mandiri E-Money karakter Disney saldo 0 : Rp.40.000

-     Harga Flazz BCA saldo 0 generasi 2 : Rp.30.000-Rp.60.000

 

 

 

Kelebihan dan Kekurangan E-Money

Menggunakan kartu E-Money memberikan beberapa kemudahan dan kelemahan, oleh sebab itu kalian perlu mengetahui apa saja point plus dan minus dari E-Money tersebut. sebagai referensi tambahan kalian, berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan E-Money.

 

 

Kekurangan E-Money

Penggunaan E-Money memang memiliki dua dampak, tapi semuanya tergantung kebutuhan masing-masing. Berikut ini adalah beberapa kekurangan dari penggunaan E-Money untuk melakukan transaksi elektronik, yaitu:

 

1.  Penggunaan mesin yang spesifik

Penggunaan E-Money bisa dilakukan jika terdapat mesin yang mampu membaca chip kartu tersebut. Biasanya, jika di kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Medan itu banyak mesin E-Money yang bisa digunakan. Karena spesifik, pastikan kalian untuk menemukan mesin E-Money tersebut untuk melakukan transaksi.

 

2.  Terbatas pengisian saldo

Kekurangan dari E-Money adalah tidak bisa melakukan pengisian dalam jumlah banyak. Hal ini karena E-Money tidak memerlukan PIN atau verifikasi apapun, jika terjadi sesuatu maka uang yang ada di E-Money tersebut juga akan hilang. Untuk maksimum isi ulang saldo adalah Rp.20.000.000 (E-Money Mandiri).

 

3.  Pengisian ulang yang agak merepotkan

Pengisian saldo E-Money setiap bank berbeda-beda, tapi secara umum adalah dengan menginputkan kartu debit yang sudah kalian miliki. Tak hanya itu saja, juga bisa dilakukan menggunakan NFC yang sudah kalian instal di hp Android atau iPhone.

 

 

 

Kelebihan E-Money

Setelah kalian mengetahui apa saja kekurangan E-Money, kini saatnya mengetahui apa saja kelebihan yang didapat jika menggunakan E-Money ini. Berikut adalah keuntungan menggunakan E-Money untuk transaksi elektronik.

 

1.  Lebih fleksibel

Ketika kalian memiliki E-Money, tentu begitu fleksibel. Kartu E-Money yang berukuran mini, bisa kalian taruh di kantong atau celana, dan mudah dibawa kemana-mana. Tak hanya itu saja, E-Money tidak menggunakan PIN untuk verifikasi, sehingga tidak perlu susah-susah untuk menginputkan angka.

 

2.  Transaksi semakin mudah

Ketika melakukan perjalanan jauh, misalnya menggunakan jalan tol. Ketika berada di gerbang tol, tidak perlu lagi keluarkan uang tunai yang sekiranya ada kembalian. Cukup dengan menggunakan E-Money, transaksi menjadi mudah dan cepat.

 

 

 

Cara Cek Saldo E-Money di HP dan iPhone

Saldo merupakan salah satu hal penting untuk tetap bisa melakukan transaksi. Membahas soal saldo, kalian bisa coba apk penghasil saldo dana terlegit. Untuk mengecek sisa saldo E-Money di hp Android dan iPhone, kini bisa dilakukan melalui E-Commerce seperti Shopee, Tokopedia dan lain sebagainya. Di panduan ini, untuk cek saldo E-Money kalian wajib untuk mengaktifkan fitur NFC di hp.

 

Review Tech merekomendasikan 5 cara untuk mengecek saldo E-Money, yaitu menggunakan NFC, Indomaret Card, Mandiri Online, Shopee dan Tokopedia. Bagaimana caranya? Berikut adalah langkah-langkahnya.

 

 

Cek Cek Saldo E-Money Menggunakan NFC

NFC (Near Field Communication) adalah salah satu fitur yang tersedia di smartphone. Fitur ini digunakan untuk menyambungkan jaringan, sehingga bisa melakukan pengecekan saldo E-Money. Berikut adalah langkah-langkah cek saldo E-Money pakai NFC.

 

1.  Silakan download dan instal terlebih dahulu aplikasi Cek Saldo di Playstore/Apps

2.  Buka aplikasi Cek Saldo-nya dan akan muncul tulisan “Tempelkan Kartu”

cek saldo e money di nfc

3.  Silakan kartu E-Money kalian tempel (tapping) dibagian belakang hp

4.  Jika berhasil, maka akan muncul nomor kartu dan sisa saldo E-Money kalian. 

cek saldo e money di nfc terbaru



Jika bingung tentang tutorial ini, bisa cek di link bawah (Sumber Youtube: Play Game)

 


 

Cara Cek Saldo E-Money Pakai Indomaret Card

Indomaret Card merupakan salah satu E-Money yang bisa kalian dapatkan di Indomaret atau platform E-Commerce seperti Shopee dan Tokopedia. Berikut adalah panduan cara cek saldo E-Money menggunakan Indomaret Card di hp.

 

1.  Pastikan kalian telah memiliki kartu E-Money Indomaret Card dari berbagai jenis bank, seperti Mandiri, BRI, BNI dan BCA

cek saldo e money di indomaret card


2.  Silakan aktifkan fitur NFC di hp kalian (wajib)

3.  Jika sudah, silakan download dan instal aplikasi E-Money Info di Google Play

4.  Buka aplikasi E-Money Info kalian

5.  Akan muncul notifikasi “Tampilan Mandiri E-Money dibelakang handphone anda”. Silakan taruh atau tempelkan kartu E-Money milik kalian dibelakang hp

6.  Maka akan muncul nomor kartu dan hasil sisa saldo E-Money yang tersisa.

cek saldo e money di indomaret card terbaru


 

 

Cara Cek Saldo E-Money Mandiri Online

Mandiri online merupakan salah satu aplikasi yang bisa digunakan untuk mengecek sisa saldo E-Money yang bisa didapatkan lewat Google Play. Berikut adalah panduan untuk cek saldo E-Money menggunakan Mandiri Online di hp Android/iPhone.

 

1.  Silakan download dan instal aplikasi Mandiri Online di Google Play

2.  Jika sudah instal, silakan buka aplikasinya dan lakukan login

3.  Silakan klik tombol “E-Money”, akan muncul 3 menu, yaitu lihat atau perbarui saldo, isi ulang E-Money dan atur daftar kartu E-Money. Jika ingin mengecek saldo, silakan pilih menu “Lihat atau perbarui saldo”

cek saldo e money di mandiri online


4.  Akan muncul notifikasi “Letakkan kartu E-Money Mandiri anda dibelakang ponsel”. Silakan tempelkan saja kartu E-Money milik kalian dibelakang hp

5.  Maka secara otomatis akan muncul hasil saldo dan nomor kartu E-Money.

cek saldo e money di mandiri online terbaru


 

Cara Cek Saldo E-Money di Shopee

Platform E-Commerce yang yang bisa digunakan untuk mengecek saldo E-Money adalah Shopee. Aplikasi yang begitu populer di masyarakat ini bisa menjadi alternatif untuk kalian bisa melihat dan mengecek saldo E-Money.

 

1.  Pastikan kalian telah mendownlaod dan instal aplikasi Shopee di hp

2.  Jika sudah, silakan buka aplikasi Shopee

3.  Pada bagian halaman utama Shopee, silakan klik tombol “Pulsa, Tagihan dan Hiburan”

4.  Selanjutnya klik tombol “Uang Elektronik”

5.  Klik tombol “Update” untuk mengecek saldo E-Money

6.  Silakan pilih “E-Money Mandiri”, silakan disesuaikan dengan kebutuhan

cek saldo e money di shopee


7.  Silakan tempelkan kartu E-Money kalian dibelakang hp. Pastikan fitur NFC di hp kalian sudah aktif (wajib)

8.  Jika berhasil, maka akan muncul nomor kartu lengkap dengan sisa saldo E-Money.

cek saldo e money di shopee terbaru


 

Cara Cek Saldo E-Money di Tokopedia

Tokopedia juga bagian dari E-Commerce yang bisa digunakan untuk melakukan pengecekan saldo E-Money. Selain cek saldo, juga bisa melakukan pembelian saldo dengan mudah dan cepat. Berikut adalah cara untuk cek saldo E-Money di Tokopedia.

 

1.  Silakan instal dan buka aplikasi Tokopediadi hp atau iPhone

2.  Pada halaman utama Tokopedia, silakan klik tombol “Top-Up & Tagihan”

3.  Silakan scrol ke bawah dan cari bagian “Isi Ulang”, kemudian pilih “E-Money”

cek saldo e money di tokopedia


4.  Klik tombol “Update Saldo”untuk mengecek saldo

5.  Akan muncul notifikasi “Tempelkan Kartu Anda”. Silakan tempelkan kartu E-Money kalian pada bagian belakang hp. Pastikan fitur NFC di hp dalam keadaan aktif

6.  Secara otomatis akan muncul nomor kartu dan sisa saldo E-Money kalian.

cek saldo e money di tokopedia terbaru


Komentar