Langsung ke konten utama

Cara Cek Akreditasi Kampus BAN PT (Universitas & Prodi)

Baca Juga

Harus Anda fahami akan sebuah cara untuk cek Akreditasi kampus yang benar untuk mengetahui kualitas dari Akreditasi sebuah kampus.

Cara Cek Akreditasi Kampus BAN PT

Akreditasi

Akreditasi merupakan salah satu syarat yang perlu dipersiapkan ketika mengikuti berbagai hal ini, seperti mencari pekerjaan, hingga mendaftar CPNS. Tak hanya itu saja, mengecek akreditasi kampus juga perlu dipertimbangkan ketika ingin masuk di kampus atau perguruan tinggi.

Cek akreditasi kampus menjadi penting untuk diketahui informasinya, agar kedepan-nya tidak menjadi permasalahan. Bagaimana cara untuk mengecek akreditasi kampus?

Terutama bagi kalian yang saat ini akan melamar formasi CPNS, mencari pekerjaan atau ingin masuk di perguruan tinggi negeri di Indonesia. Cara yang bisa dilakukan untuk mengecek akreditasi kampus adalah dengan mengakses situs resmi BAN PT.

Di situs resmi BAN PT ini, kalian dapat melihat informasi akreditasi terlengkap mengenai kampus atau universitas, program studi, serta SK yang masih berlaku. Untuk lebih lengkap, berikut adalah ulasan lengkapnya.

Apa Itu Akreditasi Kampus?

Akreditasi kampus adalah salah satu penilaian untuk menentukan kelayakan dari suatu institusi. Pihak yang menilai dari institusi tersebut adalah BAN PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi).

Tak hanya institusinya saja, melainkan penilaian program studi juga dinilai. BAN PT berada dibawah koordinasi dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI.

Pada akreditasi tersebut, biasanya memiliki SK (Surat Keputusan) dan sertifikat akreditasi. Untuk rentang nilainya, bisanya terdiri dari nilai A, B, C dan NA. Untuk masa berlaku dari akreditasi program studi atau kampus adalah 5 tahun.

Apa Manfaat Akreditasi Kampus?

Tak bisa dipungkiri, akreditasi kampus sangat dibutuhkan oleh para lulusan untuk melamar CPNS, hingga mencari jenis pekerjaan. Tapi, apakah kalian mengetahui secara pasti tentang manfaat akreditasi tersebut? berikut adalah beberapa poin dari manfaat akreditasi kampus, diantaranya adalah sebagai berikut.

Syarat pengusulan proyek institusi

Suatu perguruan tinggi yang memiliki akreditasi A, akan lebih lebih mudah dan strategis dalam pengusulan proyek tertentu. Bahkan, jika dipercaya bisa sampai milyaran, jika dibandingkan dengan institusi yang akreditasinya dibawah A.

Institusi semakin profesional dan kredibel

Suatu institusi yang memiliki akreditasi A, akan menjadikan universitas tersebut menjadi lebih profesional dan kredibel di mata masyarakat. Karena memang sejalan antara fasilitas dan hasil penilaian. Masyarakat luas menilai, bahwa universitas yang memiliki akreditasi A, memiliki sarana dan prasarana yang memadai dalam mendukung proses pembelajaran.

3.Sebagai informasi dalam memilih kampus (bagi calon mahasiswa)

Agar tidak terjadi penipuan ketika sudah masuk dan lulus pada suatu institusi, maka pastikan untuk mengecek akreditasi kampus. Apakah sudah terdaftar resmi di BAN PT, atau belum. Karena masih banyak yang tertipu, ketika lulus tidak dapat ijazah (kampus abal-abalan).

4.Mempermudah para lulusan dalam pencarian kerja

Terutama saat kalian mencari pekerjaan di BUMN, akreditasi suatu kampus sangat berpengaruh terhadap penilaian. Tak hanya itu saja, ketika kalian melamar CPNS, maka nilai akreditasi kampus juga berpengaruh terhadap kelulusan. Jadi, pastikan kalian mengecek akreditasi sebelum memastikan untuk masuk di perguruan tinggi tersebut.

Dimana Bisa Cek Akreditasi Kampus & Prodi?

Sebenarnya banyak akses yang bisa dijadikan referensi untuk mengecek akreditasi kampus dan prodi jurusan, salah satunya adalah dengan mengakses situs resmi BAN PT. Atau kalian bisa cek secara langsung pada halaman situs resmi universitas masing-masing.

Tetapi, Review Tech sarankan untuk mengecek akreditasi lewat BAN PT, karena lebih lengkap dan terpercaya. Di situs BAN PT tersebut, kalian dengan mudah menemukan berbagai informasi akreditasi, mulai dari SK akreditasi, nilai akreditasi kampus, hingga tanggal kadaluwarsa akreditasi tersebut. untuk lebih lanjut, kalian bisa simak mengenai cara cek akreditasi kampus dan jurusan di BAN PT.

Cara Cek Akreditasi Kampus & Jurusan di BAN PT

Akreditasi yang begitu penting untuk melamar CPNS dan mencari kerja merupakan hal yang perlu dipersiapkan jauh jauh hari. Membahas tentang CPNS, kalian bisa mencoba 5 aplikasi latihan CAT CPNSagar berhasil menjawab soal-soal.

Bagi kalian yang ingin melamar kerja, bisa juga coba mencarinya di aplikasi lowongan kerja paling terpercayayang ada di Indonesia. Dengan perlengkapan hard skill, soft skill dan akreditasi kampus, niscaya peluang untuk mendapat pekerjaan semakin besar.

Untuk mengecek akreditasi di BAN PT, kalian bisa mencari kategori institusi dan jurusan. Untuk institusi, berarti kalian akan mencari akreditasi dari universitas tersebut. kemudian jurusan, lebih fokus ke program studi yang ada di universitas tersebut. Berikut adalah cara untuk mengecek akreditasi kampus dan jurusan di BAN PT dengan mudah dan cepat.

Cek Akreditasi Kampus di BAN PT

Khusus bagi kalian yang hanya ingin melihat akreditasi kampus di BAN PT, caranya begitu mudah dan bisa di filter sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Berikut adalah langkah-langkah untuk cek akreditasi kampus di BAN PT.

1.Cek disini

2.Maka kalian akan diarahkan ke halaman utama BAN PT

3.Pada bagian menu “Data Akreditasi”silakan pilih “Institusi”

cek akreditasi kampus - pilih instansi



4.Maka akan muncul daftar list nama perguruan tinggi, peringkat akreditasi, SK, hingga tanggal kadaluwarsa akreditasi

cek akreditasi kampus - daftar institusi

5.Pada bagian kolom “Perguruan Tinggi”, silakan ketikkan nama kampus yang ingin kalian lihat akreditasinya. Misalnya “Institut Teknologi Sepuluh November”

cek akreditasi kampus - pilih kampus

6.Maka akan muncul nilai akreditasi dari kampus tersebut, lengkap dengan SK dan tanggal kadaluwarsa-nya.

Cek Akreditasi Jurusan di BAN PT

Untuk mengecek akreditasi jurusan atau program studi di masing-masing universitas, juga bisa dilakukan melalui online di halaman BAN PT. Berikut ini adalah panduan untuk cek akreditasi jurusan lewat BAN PT.

1.Silakan kunjungi situs BAN PT

2.Pada bagian menu “Data Akreditasi”silakan pilih “Program Studi”

cek akreditasi jurusan

3.Maka akan muncul direktori hasil akreditasi program studi

4.Untuk cek akreditasi prodi, pada bagian kolom “Perguruan Tinggi” dan “Program Studi” silakan sesuaikan dengan yang ingin dicari

cek akreditasi jurusan - daftar prodi

5.Misalnya, kalian ingin mencari akreditasi jurusan Teknik Informatika di ITS. Maka hasilnya adalah prodi tersebut akan muncul hasil akreditasinya, beserta SK dan tanggal kadaluwarsanya.

cek akreditasi jurusan - pilih prodi



6 Link Akreditasi Universitas di Indonesia

Selain melalui halaman resmi dari BAN PT, kalian juga bisa mencari akreditasi kampus dan jurusan melalui halaman resmi institusi. Biasanya, hasil akreditasi kampus dan jurusan dimuat pada situs atau web kampus. Hal ini untuk mempermudah para alumni, atau masyarakat luas dalam mengetahui akreditasi kampus tersebut.

Selain itu, mencari akreditasi di portal web kampus akan mempercepat akses pencarian. Biasanya, kalau kalian mencari akreditasi di halaman BAN PT, mungkin agak sedikit terkendala dalam pengaksesan. 

Hal ini karena banyaknya pengguna yang mengakses situs tersebut, terlebih lagi saat pendaftaran CPNS atau masuk ke perguruan tinggi. Jika kalian tertarik masuk ke ilmu IT (teknologi), kalian bisa coba untuk mencari jurusan teknik informatika terbaik dan favorit di Indonesia.

Oleh sebab itu, bagi kalian yang ingin mencari informasi akreditasi, maka bisa dilakukan melalui halaman resmi institusi. 

Berikut adalah beberapa link yang bisa diakses untuk mencari akreditasi kampus dan jurusan. Link ini khusus untuk institusi : ITB, ITS, UGM, UNPAD, Universitas Telkom dan Universitas Terbuka (UT). Silakan cek pada link berikut ini.

1. Cek akreditasi kampus ITB

2. Cek akreditasi kampus ITS

3. Cek akreditasi kampus UGM

4. Cek akreditasi kampus TELKOM

5. Cek akreditasi kampus UT

6.Cek akreditasi kampus UNPAD

Komentar