Langsung ke konten utama

6 Strategi Pemasaran di Marketplace [Trik Ampuh 100% Viral]

Baca Juga

√ Mengembangkan sayap marketing sampai ke ranah maya memang satu cara yang prospektif. Kalian dapat mempromokan produk kalian di beberapa media yang menyebar di internet, dimulai dari web, sosial media, dan marketplace. 

Seperti pasar tradisionil yang bising oleh bermacamnya penjual dan konsumen, marketplace sekarang jadi media berjualan online yang banyak didatangi. 

Makin bervariatif produk yang dijajakan, customer tentu kerasan lama-lama menyimpang diri untuk sekedar window shopping.

Tetapi tergabung di marketplace bukan tanpa masalah. Karena sangat jumlahnya penjual yang tawarkan produk sama dengan kalian, karena itu peluang produk tidak tampil di halaman teratas besar sekali.

6 Strategi Pemasaran di Marketplace [Trik Ampuh 100% Viral]

Hingga produk kalian susah disaksikan customer. 

Jumlahnya tandingan antara penjual untuk meningkatkan integritas toko atau produknya, membuat usaha semakin susah dilaksanakan. 

Cara Strategi Pemasaran di Marketplace

Karena itu, kalian perlu cara pemasaran di marketplace agar lebih dikenal dan menarik perhatian konsumen.

1. Siapkan Produk yang Akan Kalian Jual

Jauh saat sebelum kalian tergabung di marketplace, terlebih dahulu kalian tetapkan tipe produk apa yang ingin kalian jual di website jual-beli online itu. 

Misalkan kalian buka usaha pemasaran alat outdoor dan camping, kalian harusnya mempersiapkan macam produknya.

Disamping itu, yang penting kalian lihat ialah tersedianya stock. Jangan dibiarkan customer menanti kelamaan sampai menyebabkan penangguhan order, karena hal tersebut dapat turunkan peringkat toko kalian.

Untuk kamu kenali, usaha online benar-benar dikuasai oleh peringkat dan ulasan customer. Makin responsive karena itu integritas toko kalian semakin bertambah. 

Terutama bila kalian sanggup memberikan produk berkualitas dan punyai kekhasan tertentu, tentu customer memberi komentar, "Worth it."

2. Kenali Target Pasar yang Kalian Sasar

Dalam strategi marketing di marketplace, sesudah kalian tentukan tipe produk yang ingin kalian jual, ketahui sasaran pasar. 

Saat sebelum kalian membuat sasaran pasar, terlebih dulu kalian kerjakan segmentasi pasar.

Siapa yang masuk ke sasaran pasar kalian, itu yang perlu kalian sasar. 

Sebagai contoh produk kalian perlengkapan camping, sasaran pasarnya yaitu; muda-mudi umur 17-36 tahun, tinggal di lokasi yang dapat dicapai pengantar semua Indonesia, dan punyai hoby penjelajahan.

Sesudah ketahui siapa sasaran pasar kalian, baru kalian mengaplikasikan taktik dalam hadapi customer. Bagaimana kalian harus berlaku, menggunakan bahasa modern, dan tahu saat yang pas jam berapapun calon customer bertandang. 

Satu panduan untuk kamu yang jualan di marketplace, saat kalian berjualan produk camping, tidak boleh campura duk lewat produk sepakbola, misalkan. 

Penganekaragaman produk cuman akan membuat customer kebingungan pada barang apa yang sebenarnya kalian jual.

3. Ketahui Keunggulan dan Kelemahan Pesaing

Menjadi pemain baru di marketplace, pasti kalian akan bertemu dengan adanya banyak kompetitor yang telah terlebih dahulu jual produk sama dan punyai pengalaman luar biasa di bagian usaha. Berkaitan strategi pemasaran di marketplace, dalami dahulu kemampuan beberapa kompetitor agar lebih memiliki daya saing.

Tidak ada kelirunya kalian satu waktu beli produk kompetitor buat cari tahu kualitas produk dan seperti apakah servis yang diberi pada customer. 

Belajar dari keunggulan kompetitor, kalian harusnya dapat merangkum tehnik marketing sendiri yang memiliki daya saing.

Jenderal Tiongkok namanya Sun Zi yang hidup pada periode 500-an tahun SM menjelaskan jika kalian ketahui kemampuan diri, peluang kalian menang. 

Tetapi bila kalian tahu kemampuan musuh dan diri kita, kesempatan menang jadi besar sekali.

4. Kenali Marketplace

Sebelum kalian tergabung dalam suatu marketplace dengan membuat online shop, dalami dahulu beberapa opsi marketplace. 

Maksudnya yakni supaya produk kalian sesuai audience yang bertandang ke masing-masing marketplace. 

Untuk kamu kenali, setiap marketplace punyai ciri-ciri dan kekhasan sendiri. 

Dapat menjadi satu marketplace lebih dikenali karena fashion-nya dibandingkan marketplace yang lain semakin banyak berjualan barang electronic. Ini penting agar kalian tidak salah pasar dalam mengarah customer.

Sesudah memutuskan satu marketplace yang pas lewat produk kalian, coba dalami dahulu ketentuan mainnya. 

Walau punyai satu benang merah yang sama; membuka toko dan promo produk, setiap marketplace punyai detail dan feature sendiri.

5. Pelajari Algoritma Marketplace

Banyaknya pesaing yang jual tipe produk sama, pasti kompetisi untuk menjadi produk yang tempati rangking paling atas ketat sekali. 

Karena produk yang ada teratas umumnya punyai kekuatan semakin besar dibeli daripada produk bagus yang tidak kelihatan sama sekalipun. 

Lalu bagaimanakah triknya supaya toko atau produk kalian ada di status teratas penelusuran? Ini sebagai taktik marketing di marketplace terpenting untuk memenangi kompetisi. Triknya yakni dengan kuasai algoritme marketplace.

Berbeda marketplace pasti berbeda algoritmenya. Sama dengan merek handphone, berbeda pabrikan pasti berbeda juga featurenya walau punyai peranan dan manfaat yang serupa. 

Taktik ini dapat kalian aplikasikan saat mengupload produk kalian dan deskripsi dan photo. 

Saat menulis judul, upayakan yang memiliki kandungan ‘kata kunci' yang berkaitan di kolom penelusuran. 

Misal kalian akan mempublikasikan produk tenda, dapat kalian pakai judul ‘tenda camping kemampuan 4 orang' dan lain-lain.

6. Beri Jaminan Kenyamanan Berbelanja

Memberi kenyamanan pada konsumen dalam berbelanja online dapat kalian definisikan seperti memberikan keringanan transaksi bisnis pembayaran, proses pengangkutan, dan pengembalian barang yang hancur. 

Tidak lupa komunikasi yang bagus sebagai wujud kenyamanan lainnya.

Customer suka bila transaksi bisnis pembayaran dan jasa pengangkutannya punyai lebih satu opsi hingga memungkinkannya pilih yang tambah murah dan cepat. 

Disamping itu, servis saat barang hancur jadi kenyamanan belanja yang jarang ditawarkan.

Komentar