Langsung ke konten utama

Apa yang Dimaksud dengan Cloud Computing ? (Penjelasan, Review dan Contoh)

Baca Juga

 √ Apa yang Dimaksud dengan Cloud Computing? (Penjelasan, Review dan Contoh) - Sebenarnya apa yang dimaksud dengan cloud computing? 

Pengertian Cloud Computing

Apa yang Dimaksud dengan Cloud Computing

Cloud computing ialah istilah untuk delivery service komputasi baik itu server, servers, penyimpanan, databases, networking, software, analytics, dan intelligence lewat internet (cloud). Berikut kami siapkan keterangan secara lengkap berkenaan apakah arti cloud computing.

Pengembangan dalam tehnologi digital terus bergerak secara cepat hingga harus Anda akan tergerak untuk ikuti tren yang berkembang supaya usaha yang Anda lakukan masih tetap bisa berkaitan dan berkompetisi dengan pesaing lainnya. 

Salah satunya alih bentuk digital yang banyak dilaksanakan oleh beragam perusahaan di penjuru dunia ialah pemakaian service cloud computing.

Awalnya, mayoritas orang yang ingin memakai satu program atau mekanisme perlu mengambil mekanisme itu ke computer atau server fisik di gedung mereka. 

Tetapi dengan service cloud computing, beberapa orang tak lagi perlu repot mengambil bermacam program yang diperlukan. Kebalikannya, dengan cloud computing ini, Anda dan pemakai lainnya bisa memakai service yang serupa lewat cara online darimanakah saja.

Hingga saat ini service cloud computing telah dipakai oleh beragam tipe usaha dan sudah bawa beragam keringanan . Maka, apakah yang dimaksud dengan cloud computing ini? Berikut penuturannya untuk Anda.

Apakah yang dimaksud dengan cloud computing? Cloud computing ialah proses delivery service komputasi yang meliputi server, penyimpanan, database, networking, software, analytics, dan intelligence lewat internet atau cloud. 

Tehnologi ini disebutkan dengan istilah cloud computing karena info yang dijangkau oleh users bisa diketemukan dari jauh yakni di "cloud" atau lewat virtual . Maka saat Anda memakai cloud computing karena itu Anda akan simpan dan terhubung data lewat internet dan tidak dari hard drive computer Anda.

Dengan mekanisme cloud computing ini, Anda bisa jalankan program, simpan, dan memproses data lewat virtual dengan koneksi internet yang tersambung pada server. 

Disamping itu, semua data dan info yang dipunyai akan disimpan pada sebuah server dan bisa dijangkau kapan saja dan dimana saja sepanjang piranti yang Anda pakai tersambung dengan koneksi internet.

Hingga saat ini, cloud computing telah dipakai oleh beragam tipe usaha. Sebagai contoh, perusahaan pembikinan video games memakai service cloud untuk mendatangkan online games yang bisa dipakai oleh juta-an pemain di penjuru dunia. 

Cloud computing dipakai untuk peningkatan mekanisme CRM di mana data konsumen setia bisa dihimpun dari beragam sumber ke satu mekanisme. 

Dengan service ini, karena itu perusahaan bisa terhubung info berkaitan konsumen setia dimana saja dan kapan saja mereka ingin.

Layanan Cloud Computing

Layanan cloud computing ada dalam berbagai jenis sesuai dengan kebutuhan pemakai. Berikut ini ialah beberapa jenis cloud computing yang bisa Anda pergunakan:

1. Software as a Service (SaaS)

Software as a Servis (SaaS) ialah service cloud computing untuk program piranti lunak yang dihosting di cloud dan bisa Anda pakai lewat browser situs, client desktop khusus, atau API yang terpadu dengan desktop atau operating sistem di mobile Anda,

Maka, pemakai bisa terhubung program piranti lunak tanpa perlu mengambil, memasang, atau simpan piranti lunak itu dan beragam komponennya di piranti atau hard drive mereka.

SaaS ini dikenal juga sebagai piranti lunak berbasiskan cloud atau cloud applications. Mayoritas piranti lunak yang memakai service SaaS ini berbasiskan berlangganan dengan ongkos tahunan atau bulanan.

2. Platform as a Service (PaaS)

Platform as a Service (PaaS) ialah jalan keluar cloud computing yang sediakan on-demand environment (sama sesuai keinginan konsumen setia) untuk meningkatkan, mengetes, jalankan, dan mengurus program piranti lunak. 

Dengan PaaS, karena itu penyuplai cloud akan menghosting semua dimulai dari servers, networks, penyimpanan, operating sistem software, middleware, dan database di pusat data mereka.

PaaS disiapkan secara eksklusif supaya team developer bisa membuat web atau program mobile secara cepat. Service ini disiapkan supaya team developer tak perlu mencemaskan berkaitan infrastruktur server, penyimpanan, network, dan databases yang diperlukan pada proses peningkatan.

3. Infrastructure as a Service (IaaS)

Infrastructure as a Servis (IaaS) ialah service cloud computing yang memberikan perusahaan komputasi esensial, network, virtual machines, penyimpanan, operating sistem, dan infrastruktur yang lain. 

IaaS jadi mode service komputasi yang umum karena tawarkan infrastruktur fundamental. Service ini tawarkan pangkalan pembayaran sama sesuai penggunaan.

Penyedia Layanan Cloud Computing Terpopuler

Setelah Anda pahami apakah yang dimaksud dengan cloud computing, kemungkinan Anda berminat untuk memakainya. 

Sekarang ini, ada beragam penyuplai service cloud computing yang bisa jadi penolong untuk beberapa pemilik usaha kecil, menengah, atau besar.

Karena ada provider atau penyuplai service cloud computing, perusahaan dapat semakin konsentrasi ke masalah core business-nya seperti meningkatkan software program service, lakukan aktivitas pemasaran, produksi dan distribusi barang, meningkatkan dan menjalankan service, dan aktivitas pendukung usaha. 

Mereka tak lagi perlu membuat dan melakukan investasi pada infrastruktur IT cloud computing sendiri karena mereka bisa memberikan masalah itu ke penyuplai cloud computing.

Penyuplai service cloud ialah perusahaan faksi ke-3 yang tawarkan basis, infrastruktur, program, atau service penyimpanan berbasiskan cloud. 

Dibanding Anda harus beli, mempunyai, dan memiara pusat data fisik dan server sendiri, Anda bisa terhubung service tehnologi, seperti daya komputasi, penyimpanan, dan database, sama sesuai keperluan dari penyuplai service cloud computing. 

Berikut 5 provider cloud computing terpopuler yang dapat Anda gunakan.

Komentar